PENGARUH KREDIBILITAS DAN DAYA TARIK ENDORSER LOKAL DAN ASING DALAM IKLAN KOSMETIK TERHADAP PERSEPSI DAN KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN

Senin, 26 September 2011 11:05:05 WIB - Dibaca : 588 kali

Mu’min Gozali 1, Achmad Fudholi 1 dan Satibi 1


1 Program Pasca sarjana Ilmu Farmasi, Fakultas Farmasi Gadjah Mada, Yogyakarta


Email:



Penggunaan endorser dalam iklan produk sudah merupakan hal yang biasa dalam dunia pemasaran. Penelitian dilakukan untuk mengukur pengaruh kredibilitas dan daya tarik endorser lokal dan asing terhadap persepsi dan keputusan pembelian konsumen serta melihat perbedaan pengaruh penggunaan endorser lokal dan asing terhadap persepsi dan keputusan pembelian konsumen. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental yang dilakukan dalam dua fase yakni eksploratory analysis dan confirmatory analysis dengan pendekatan cross sectional. Instrumen   penelitian   yang   digunakan   adalah   sampel   iklan   dan kuesioner. Besar sampel  dalam penelitian ini adalah 130 orang pada masing- masing endorser lokal dan asing. Data yang diperoleh di analisa dengan menggunakan regresi sederhana dan Independent Sample T-Test dengan bantuan SPSS 11.5 for windows. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa kemampuan kredibilitas dan daya tarik endorser lokal dalam memprediksi variabel persepsi konsumen terhadap iklan adalah 16,4%, dan keputusan pembelian konsumen terhadap produk yang diiklankan adalah 11,3%. Kemampuan kredibilitas dan daya tarik endorser asing dalam memprediksi variabel persepsi konsumen terhadap iklan adalah 30,1%, dan keputusan pembelian konsumen terhadap produk yang diiklankan adalah 37,4%. Setelah dilakukan perbandingan menggunakan Independent Sample T-Test didapatkan hasil bahwa persepsi konsumen terhadap iklan yang menggunakan endorser lokal lebih rendah dibandingkan dengan persepsi konsumen terhadap iklan yang menggunakan endorser asing serta keputusan pembelian konsumen terhadap produk yang menggunakan endorser lokal dalam iklannya lebih rendah dibandingkan dengan keputusan pembelian konsumen terhadap produk yang menggunakan endorser asing dalam iklannya.

Kata kunci: iklan, kredibilitas endorser, daya tarik endorser